Jokowi Ingin Baiq Nuril Dapat Keadilan

Jokowi Ingin Baiq Nuril Dapat Keadilan

Jokowi Ingin Baiq Nuril Dapat Keadilan – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tidak mengintervensi hukum terhadap kasus Baiq Nuril. Menurut Karding, Jokowi sudah tepat memberikan saran untuk mengajukan Peninjauan Kembali (PK) dan permohonan grasi jika putusan tak memberikan keadilan.

“Saran Presiden agar Baiq mengajukan Peninjauan Kembali dan mengirim permohonan grasi bukanlah intervensi hukum tapi kecintaan pemimpin kepada rakyatnya,” ujar Karding lewat keterangan tertulis, Ketua DPP PKB itu menyebut Jokowi memberikan perhatian besar terhadap kasus hukum Baiq Nuril. Menurutnya, Jokowi memandang bahwa Baiq sebagai korban mendapatkan perlindungan. Bukan justru menjadi pihak tertuduh.

“Presiden ingin Baiq mendapat keadilan tanpa ada intervensi darinya,” Karding menegaskan, Jokowi memiliki keseriusan dalam memperjuangkan hak dan perlindungan terhadap perempuan. Menurutnya perempuan perlu mendapatkan perhatian khusus. Dia mencontohkan salah satu perhatian Jokowi tercermin dalam pemerintahan dimana ada 8 menteri perempuan.

Karena itu, kasus Baiq ini, Jokowi turut meningkatkan komitmen dalam upaya perlindungan perempuan dari kekerasan, pelecehan, dan ketidakadilan. “Presiden selama pemerintahannya sangat concern terhadap perlindungan dan pemberdayaan perempuan,” sebut Karding.

Dia juga menilai, kasus Baiq Nuril ini menjadi pembelajaran sensitivitas penegakan hukum. Baiq yang harusnya terlindungi dari pelecehan, malah dijadikan pelaku pelanggaran ITE. Hal itu pun menjadi pembelajaran Jokowi yang hukum harus terus diperbaiki. Caranya dengan meningkatkan kapasitas dan sensitivitas penegak hukum terhadap isu rentan seperti kekerasan anak dan perempuan. Dia menambahkan, hukum harusnya tak cuma dilihat dari segi formal, namun perlu kesadaran terhadap keadilan dan kemanusiaan.

“Harapannya perempuan tidak saja mendapatkan perlindungan hukum tapi meredam kasus-kasus kejahatan terhadap perempuan,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *